Header

11/14/2009

Amazing Kyaikhtiyo pagoda



Pagoda Kyaikhtiyo berada di Mon, Myanmar, sekitar 20km dari kota Kyaikhto. Di dalamnya terdapat pagoda setinggi 7,3 meter di atas "Golden Rock" yang berada di pinggir tebing. Disebut Golden Rock karena keseluruhan batu dilapisi emas.





Kyaikhtiyo berasal dari kata "Kyaik" yang berarti pagoda, "ithi" yang berarti pertapa, "yo" yang berarti memakai di kepala. Jadi secara keseluruhannya artinya kira-kira adalah "Pagoda yang di bawa di atas kepala sang Pertapa".

Legenda mengatakan bahwa Golden Rock mampu mempertahankan keseimbangan karena rambut Buddha ditempatkan tepat di dalam pagoda. Berdasarkan cerita sejarah, ada seorang pertapa yang secara langsung diberi souvenir Rambut dari Sang Buddha Gotama, karena saking menghormatinya dia menyimpan relic rambut itu di dalam simpul rambutnya dan menjaganya dengan sepenuh hati. Karena dia menyadari kehidupannya yang tidak kekal, akhirnya dia berusaha mencari batu besar untuk menggantikan kepalanya membawa rambut itu. Dan setelah menemukan batu itu, dia membangun pagoda di atasnya, dan meletakkan relic itu di dalam Pagoda. Setelah pertapa itu meninggal, ia menemui ibunya untuk menyampaikan ajaran kebijaksanaan dan hukum alam yang ia terima dari Sang Buddha.





Masyarakat meyakini kekuatan yang menahan batu itu selama 2500 tahun adalah berasal dari rambut Sang Buddha dengan kekuatan kebijaksanaan yang sangat tinggi. Meskipun setengah badan dari batu itu menggantung, diterpa angin dan cuaca, bahkan pengunjung diijinkan menyentuh langsung dan mendorongnya, batu itu tetap kokoh berdiri seperti sekarang.

Banyak pengunjung dari berbagai penjuru dunia datang mengunjungi tempat ini, karena mereka menganggap Kyaikhiyo ada pagoda yang sakral sama seperti pagoda lain di Myanmar.

Bagi yang belum mengetahui istilah relic, relic adalah sisa bagian tubuh dari para Arahat (yang tercerahkan) ataupun Boddhisatva (calon Buddha). Biasanya Relic itu diperoleh dari hasil kremasi yang tidak seluruhnya terbakar menjadi abu, tapi menyisakan bagian tubuhnya yang berubah menjadi batu padat dan berkilau. Di bawah ini contoh hasil relic yang lain.



Sumber: myanmars.net & kaskus.us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Leave your comment here...

Ada kesalahan di dalam gadget ini