Header

2/12/2012

Wat Pha Luangta Bua, The Tiger Temple


Wat Pha Luang Ta Bua adalah kuil Buddhis Theravada di Thailand sebelah barat yang didirikan tahun 1994 sebagai kuil hutan dan tempat perlindungan untuk hewan-hewan liar. Kuil ini terletak di distrik Saiyok dari provinsi Kanchanaburi, Thailand, tidak jauh dari perbatasan dengan Myanmar, beberapa 38 km (24 mil) barat laut Kanchanaburi sepanjang jalan raya 323.


Kuil Buddhis ini terkenal karena keindahannya yang luar biasa dan itu tentu saja merupakan perjalanan yang sangat baik bagi wisatawan. Kuil ini dikenal sebagai kuil goa harimau karena ketika awal didirikan kuil ini oleh Biksu Ajahn Jumnien itu terdapat sejumlah harimau tinggal di dalam goa yang kini menjadi bagian sentral dari kuil ini. Selain harimau, terdapat juga jenis hewan-hewan lain seperti panda, rusa, ayam, dan lain-lain.


Pada tahun 1999, kuil menerima harimau pertama, yang telah ditemukan oleh penduduk desa, tapi akhirnya meninggal. Kemudian, beberapa anak harimau diberikan ke kuil dari waktu ke waktu, biasanya ketika induknya telah dibunuh oleh pemburu atau orang lain yang ingin menyingkirkannya. Pada 2007, lebih dari 21 anak panda telah lahir di kuil, dan jumlah harimau adalah sekitar 12 harimau dewasa dan 4 anaknya. Pada akhir Maret 2011, jumlah harimau yang hidup di kuil telah meningkat menjadi hampir 90 ekor. Harimau-harimau tersebut tampak sangat akrab dan seperti memiliki hubungan spiritual dengan para biksu di sana. Harimau-harimau tersebut dijinakkan dengan cara diberikan daging yang dimasak untuk menghindari mereka merasakan rasa darah. Para staf tetap memantau harimau-harimau tersebut, sedangkan para biksu dapat mengontrol keadaan jika harimau-harimau tersebut memberontak. Harimau-harimau tersebut diperlakukan layaknya anggota keluarga. Pengunjung diminta untuk memberikan donasi jika mereka ingin berfoto dengan harimau-harimau tersebut. Donasi tersebut bukan untuk kepentingan pribadi, melainkan untuk menutupi biaya makan hewan-hewan tersebut.


Keunikan lain dari kuil ini antara lain sebuah kaki bukit yang luas dengan hutan mengelilinginya yang dapat Anda daki sampai ke puncak. Sesampainya Anda di puncak bukit, Anda dihadiahi pemandangan yang luar biasa dan bertemu wisatawan dari seluruh dunia.

Sekedar informasi, Animal Planet bahkan pernah mendokumentasikan kuil ini dalam sebuah film dokumenter yang berjudul The Temple of The Tiger pada tahun 2004. Klik di sini untuk mengunduh film dokumenter tersebut.

Source: tigertemple, wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Leave your comment here...

Ada kesalahan di dalam gadget ini