Header

2/02/2012

Why Betrayal Hurt?


Ketika orang asing atau musuh mengkhianati Anda hal ini terasa cukup buruk, tetapi jika seseorang yang Anda percaya untuk menjadi teman dekat dan dapat dipercaya, mitra, atau pasangan mengkhianati Anda, itu sangatlah menyakitkan. Ini mungkin terasa seperti keuntungan Anda diambil, ditipu, dihina, atau ditusuk dari belakang. Sering kali ia datang sebagai kejutan. Itulah mengapa hal ini sangat menyakitkan. Anda tidak akan berharap untuk terluka begitu parah dari seseorang yang Anda pikir bisa Anda percaya. Jadi yang tersisa dari Anda adalah ketidakpercayaan dan sakit yang luar biasa.

Siapapun yang telah mengalami pengkhianatan dalam hubungan tahu betapa sulitnya untuk pulih dari pengalaman seperti itu. Orang yang Anda pikir bisa Anda percaya dan diandalkan tidak lagi orang yang bisa Anda percayakan. Anda bertanya-tanya apa yang terjadi. Apakah Anda hanya salah tentang mereka semua bersama atau apakah sesuatu telah berubah? Mungkin hubungan Anda berubah dan begitu pula kesetiaan mereka kepada Anda. Mungkin sesuatu di dalam salah satu atau kedua dari kehidupan Anda telah berubah dan mereka menjadi tidak sensitif terhadap Anda. Atau, mungkin Anda berdua tumbuh terpisah dan dalam arah yang berbeda.

Ada banyak alasan yang menyebabkan orang mengkhianati satu sama lain. Kadang-kadang mereka sangat sengaja dan dimaksudkan untuk menyakiti orang lain. Dan kadang-kadang mereka dihadapi konsekuensi dari pilihan yang mereka buat tanpa berniat melakukan kejahatan apapun kepada siapapun. Melihat keluar untuk kepentingan sendiri dapat menyebabkan beberapa orang mengabaikan hubungan mereka yang pernah dihargai. Mereka mungkin merasa hubungan ini tidak begitu penting lagi. Perasaan berubah. Seorang individu yang merasa kebutuhan mereka tidak terpenuhi dalam sebuah hubungan mungkin merasa bahwa hubungan itu tidak lagi penting atau tidak berharga lagi. Oleh karena itu, mereka mungkin berusaha untuk mendapatkan kebutuhan mereka terpenuhi di tempat lain. Ini yang mengubah hubungan. Akhirnya, hal tersebut tumbuh terpisah dan kesempatan untuk pengkhianatan muncul.

Pengkhianatan adalah kekuatan destruktif yang meninggalkan banyak reruntuhan di jalanan. Pengkhianatan mengubah segalanya. Hubungan dan semua orang yang terkena dampak tidak akan pernah sama lagi seperti keadaan sebelumnya. Rasa sakit tersebut tidak dapat dihilangkan. Kepercayaan hilang. Luka semakin mendalam. Kemarahan berlanjut. Nyeri panjang dan berkelanjutan. Dan kita heran. Dapatkah kepercayaan dikembalikan? Apakah luka dapat disembuhkan? Akankah kemarahan menghilang? Apakah rasa sakit akan pergi?

Pengkhianatan tidak hanya mengubah hubungan tetapi juga perubahan individu. Sesuatu terjadi dalam diri mereka. Mereka mungkin merasa sulit untuk dapat percaya lagi. Mereka mungkin akan lebih protektif terhadap diri mereka sendiri karena takut dikhianati lagi. Mereka mungkin belajar untuk menjadi lebih cerdas. Harapan mereka kepada orang lain mungkin dapat berubah. Mereka dapat merefleksikan peran mereka sendiri dan tanggung jawab dalam hubungan dan menunjukkan apa yang salah. Mereka mungkin mencoba untuk memahami, berempati, dan memaafkan. Mereka mungkin termotivasi untuk tumbuh dari pengalaman dan belajar lebih banyak tentang diri mereka sendiri dan orang lain.

Rasa sakit dari pengkhianatan sangat nyata dan memiliki dampak signifikan pada kehidupan semua orang yang telah mengalaminya. Ini adalah salah satu pengalaman hidup yang menyakitkan yang memiliki kekuatan untuk mengubah hati dan hidup seseorang. Jika Anda pernah dikhianati, Anda tidak dapat mengubah apa yang telah terjadi kepada Anda atau membuat rasa sakit pergi. Anda perlu waktu untuk berduka dan merasa marah. Anda perlu waktu untuk dihibur. Anda juga perlu waktu untuk memulihkan kepercayaan Anda pada diri sendiri dan orang lain. Pengkhianatan itu sakit dan tidak ada cara yang cepat dan mudah untuk sembuh darinya. Dibutuhkan waktu lebih dari cukup. Dibutuhkan hati yang tidak akan mengeras. Dibutuhkan komitmen untuk percaya kepada orang lain lagi. Hubungan melakukan perubahan sebagai hasil dari pengkhianatan, tetapi pada akhirnya yang paling penting adalah bagaimana hal tesebut mengubah Anda.

Source: newdaycounseling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Leave your comment here...

Ada kesalahan di dalam gadget ini