Header

12/03/2011

3 Man Chess, New Chess Variant


Akhirnya, sebuah jenis catur telah dikembangkan sehingga dapat mengakomodasi 3 pemain, tanpa mengorbankan apapun dari peraturan, strategi, ataupun tantangan kompetitif yang membuat catur menjadi permainan papan terbaik di dunia. Satu-satunya perubahan dari catur konvensional adalah beberapa aturan yang harus diikuti untuk mengatur dimana batas antar satu sama lainnya, dimana itu sederhana dan diperlukan.

Dan juga, harap perhatikan garis-garis lintasan orientasi dari daerah luar, adalah hanya alat bantu visual untuk membantu memandu bergerak diagonal melewati pusat. Dalam catur ini, pemain dapat menggerakkan bidak caturnya secara diagonal melewati pusat papan. Jika bidak catur Anda terancam, Anda dapat mempertahankan posisi Anda, selama itu bertujuan untuk mematikan bidak catur pemain lain. Terdapat banyak situasi percaya dan ragu di antara semua pemain. Sebuah langkah tak terduga mungkin mengakibatkan pembantaian. Saat memainkan catur ini, Anda harus berhati-hati, karena Anda harus menghadapi dua lawan. Anda dapat mengancam satu lawan Anda, tapi justru malah menguntungkan lawan yang lain. Fungsi pertahanan memainkan peranan penting, karena ada gerak diagonal yang melewati pusat papan. Seorang pemain dapat di-checkmate oleh kombinasi kedua pemain atau pada akhirnya salah satu dapat men-checkmate kedua pemain di saat yang bersamaan.


Deskripsi Permainan
Catur 3 Pemain dimainkan dalam papan berbentuk lingkaran. Papan permainan terdiri dari 6 bagian konsentris dari masing-masing 24 kotak. Bidak-bidak catur terdiri dari warna hitam, abu-abu, dan ivory. Setiap permainan terdiri dari total 48 bidak yang terdiri dari 3 tim, masing-masing memiliki 16 bidak. Pergerakan vertikal melewati bagian tengah menuju musuh, sedangkan pergerakan horizontal bergerak seperti orbit melewati bagian lingkaran. Pergerakan diagonal menarik dan berbahaya. Sebuah pergerakan diagonal dimulai dari daerah luar dapat berayun melewati bagian tengah dan kembali ke posisi sebelumnya. Garis-garis lintasan orientasi hanya sebagai alat bantu visual. (Rotasi melewati daerah luar tidak diperbolehkan berulang-ulang dengan pergerakan yang sama.) Setelah beberapa giliran, strategi menjadi sangat kompleks dan menarik.


Untuk aturan dan tata cara permainan dapat dilihat di sini. Saya sendiri belum mencobanya, namun secara keseluruhan penjelasan di atas membuat permainan catur 3 pemain ini terlihat cukup menarik.

Source: 3manchess

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Leave your comment here...

Ada kesalahan di dalam gadget ini