Header

6/15/2011

10 awesomely untranslatable words from around the world


Ada lebih dari 250.000 kata dalam bahasa Inggris. Bagaimanapun, untuk berpikir bahwa bahasa Inggris atau bahasa lainnya cukup dapat mengekspresikan keseluruhan pengalaman manusia adalah asumsi yang naif. Berikut adalah beberapa contoh kejadian di mana bahasa lain telah menemukan kata yang tepat dan tidak dapat diartikan ke dalam bahasa Inggris.
1. Toska
Bahasa Rusia - dideskripsikan sebagai rasa sakit yang luar biasa, yaitu penderitaan rohani yang besar, kegelisahan yang samar-samar, pergolakan jiwa, kerinduan, dan lain-lain.

2. Mamihlapinatapei
Yagan (Bahasa asli Tierra del Fuego) – dideskripsikan sebagai tanpa kata, namun bermakna terlihat bersama oleh dua orang yang memiliki keinginan untuk memulai sesuatu, tapi keduanya enggan untuk memulai.

3. Jayus
Bahasa Indonesia – dideskripsikan sebagai sebuah lelucon yang sangat tidak lucu, garing yang membuat seseorang tidak dapat tertawa namun terpaksa tertawa.

4. Iktsuarpok
Inuit – menerangkan "Pergi ke luar untuk memeriksa apakah ada orang yang datang."

5. Kyoikumama
Bahasa Jepang – dideskripsikan sebagai seorang ibu yang terus menerus mendorong anaknya menuju prestasi akademik.

6. Torschlusspanik
Bahasa Jerman – diartikan sebagai "kepanikan yang luar biasa" namun makna kontekstualnya adalah ketakutan berkurangnya kesempatan sebagai satu usia."

7. D├ępaysement
Bahasa Prancis – diartikan sebagai perasaan yang muncul dari tidak berada di negara asal seseorang.

8. Tingo
Pascuense (Easter Island) – diartikan sebagai tindakan mengambil objek dari rumah seorang teman secara bertahap dengan cara meminjam kesemuanya.

9. L’appel du vide
Bahasa Prancis – menggambarkan dorongan naluriah untuk melompat dari tempat tinggi.

10. Wabi-Sabi
Bahasa Jepang – dideskripsikan sebagai cara hidup yang fokus pada menemukan keindahan dalam ketidaksempurnaan kehidupan dan menerima damai siklus alami pertumbuhan dan pembusukan.

Source: stumbleupon.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Leave your comment here...

Ada kesalahan di dalam gadget ini