Header

5/06/2011

All about Dim Sum


Sebuah perjalanan tak akan lengkap tanpa mencicipi makanan lokal terbaik di tempat tujuan. Benua Asia menawarkan banyak pilihan, dari makanan jalanan di Hong Kong sampai sajian pedas di Sichuan. Salah satu yang mesti Anda coba adalah Dim Sum, seni kuliner tradisional dari Cina Selatan yang rasanya telah menawan banyak orang, terutama di negara dengan pengaruh Cina yang kuat seperti di Cina, Singapura, Hong Kong, Taiwan dan sebagainya.

Apa itu Dim Sum?
Dim Sum (yang arti sebenarnya: "menyentuh hati") adalah sebuah pilihan hidangan Cina yang terdiri dari berbagai makanan ringan. Biasa disajikan sebelum tengah hari, Dim Sum dinikmati bersama teh (yum cha), dan jadi bagian besar dari hidangan Asia. Tak heran, Anda bisa menemukan banyak restoran yang menyajikan dim sum sepanjang hari. Dim Sum biasanya dikukus, dipanggang atau digoreng, dan dihidangkan dalam wadah bambu. Berikut ini petunjuk akan beberapa hidangan Dim Sum yang populer.


Siew Mai

Siew Mai umumnya adalah pembuka dari menu-menu berikutnya. Siew Mai asli Kanton biasanya terbuat dari daging babi dan jamur, tapi kini Anda bisa menemukan berbagai jenis Siew Mai sesuai keinginan Anda (biasanya Siew Mai di Indonesia berbahan baku udang).


Har Gau

Har Gau (kukusan udang) juga umumnya adalah menu pembuka. Kulit Har Gau yang tipis dan transparan membungkus udang yang segar dan berisi sehingga membentuk kantong. Biasanya dicelup di campuran kecap, cuka beras bahkan kombinasi mayo dan sambal. Makanan ini sering jadi favorit, jadi pastikan Anda kebagian.


Cheong Fun

Makanan ini berupa gulungan mi beras tipis yang diisi daging, sayur dan berbagai bahan lain. Sebelum disajikan, gulungan ini akan dipotong menjadi beberapa bagian dan sesendok kecap akan dituang di atasnya. Hidangan ini hadir dengan berbagai jenis daging, seperti udang, sapi, char siew, dan youtiao (stik roti goreng Cina), ayam atau ikan.


Bao

Tipe Bao yang paling populer adalah Char Siew Bao, yang artinya bakpao babi panggang. Ini adalah roti lembut bertekstur unik, yang diisi char siew di tengahnya. Char siew adalah tenderloin babi yang dipanggang perlahan sampai rasanya lembut dan manis, yang pas dengan roti empuk di luarnya.


Dan Tat

Dan Tat (Egg Tart) adalah versi Kanton dari tart telur dan vla yang populer di berbagai belahan dunia. Banyak variasi yang tersedia, termasuk tart putih telur, tart susu, tart madu-telur dan tart sarang burung.


Fu Pi Quan

Makanan ini mirip lumpia, tapi perbedaannya, lapisan luarnya terbuat dari kulit tahu. Sama seperti lumpia, ada versi goreng dan rebus dengan berbagai jenis isian daging di dalamnya, umumnya diisi udang.


Chun Juan

Ini bukanlah sajian Dim Sum yang khas, karena mudah Anda temukan di berbagai negara dengan variasi yang berbeda. Meski begitu, jenis gorengan yang bisa Anda temukan di restoran Dim Sum biasanya diisi macam-macam daging.


Puding Mangga

Inilah hidangan penutup yang cocok: puding mangga. Puding yang sempurna, bertekstur halus seperti sutera, kaya rasa dan menyegarkan. Sebuah cara sempurna untuk mengakhiri pesta Dim Sum Anda.


Source: yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Leave your comment here...

Ada kesalahan di dalam gadget ini